Langsung ke konten utama

Bingung Puting pada Bayi


Assalamu'alaikum, kali ini gue mau sedikit berbagi pengalaman mengenai bingung puting yg dialami Ziad beberapa bulan yg lalu.

Buat buibuk mungkin udh familiar sama istilah bingput yaa, tapi mungkin banyak jg yg blm tau bingput itu apa.

Jadi, bingput (bingung puting) adalah kondisi dimana bayi menolak untuk menyusu langsung dari PD ibu. Tapi perlu digaris bawahi kalau bingput ini terjadi pada bayi yg tadinya mau menyusu langsung tapi tiba2 menolak ya. Kalau yg dari awal ngga mau/ngga bisa menyusu langsung gue ngga tau ya namanya apa. Mungkin ada hal lain yg jadi kendala.

Untuk bingput sendiri penyebabnya bisa bermacam2 tapi biasanya karena bayi terbiasa minum susu pakai dot. Jadi si bayi 'keenakan' pakai dot yg aliran susu nya lebih deras dibanding aliran PD dan bayi juga ngga perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menghisap dibanding menyusu dari PD. Makanya kenapa kalau menyusu dari PD, si bayi biasanya akan mengeluarkan keringat karna dia menggunakan banyak otot dibanding kalau pakai dot.

Nah, Ziad mengalami bingput hampir satu bulan lamanya (coba banyangin itu, daku sampe stress).  Penyebabnya itu karna selama 1 minggu gue ngga bisa nyusuin dia secara langsung (karna gue nya lg sakit). Akhirnya gue kasih asip ke Ziad pakai dot (padahal banyak alternatif lain spt cup feeder, pipet, sendok, dll yg lebih aman untuk menghindari bingput). Tapi waktu itu gue pikir "Ah, insya Allah Ziad ngga bakal bingput". (Mencoba untuk positive thinking dan biar praktis juga kalau pakai dot yg mana akhirnya malah bikin PR). Huft... Daaann... jreng jreng jreng.. ternyata setelah gue udah bisa nyusuin dia lagi, betapa kagetnya gue ketika dia menolak mentah2 untuk menyusu langsung dari PD. 

Perasaan gue waktu itu sih masih berusaha positive, mungkin aja dia masih adaptasi lagi, nanti juga mau lagi.   Eh tapi pas gue coba beberapa kali dan dia tetep nolak juga, akhirnya gue sadar kalau Ziad lagi bingput.

Duh, campur aduk deh rasanya, bingung, pusing, galau, sedih, dll.
Karna sebenernya bingput itu bukan hanya sekedar bayi ngga mau dbf (direct breastfeeding) ya tapi lebih kepada produksi ASI.

Karna ketika bayi ngga menyusu langsung otomatis produksi asi akan berkurang dengan sendirinya (walaupun tetep di pompa). Hisapan bayi dan hisapan pompa itu beda banget ya, jd biarpun dipompa akan tetap berkurang (berdasarkan pengalaman sih).
Jadi selama Ziad bingput gue terus berusaha susuin langsung (dengan drama yg luar biasa dan masih terus2an ditolak) sambil tetep di pompa juga tiap hari dan pastinya berdoa semoga diberi kemudahan.
Segala macam cara gue coba, mulai dari nyoba susuin sambil ditimang2 (sumpah ya ini gue sampe mandi keringet), sambil gue tega2in dengerin dia nangis kadang sampe teriak2 (ketika gue agak maksa) sebenernya ngga tega banget, tapi apalah daya, ini semua demi kebaikan bersama dan kedepannya. Tapi gue pikir semakin dipaksa gitu takutnya doi malah trauma. Akhirnya gue berusaha lebih sabar lagi sambil ditimang, diajak ngobrol dan pelan2 gue coba kenalin puting lagi (tapi tetep masih NOLAK). Makin deraslah keringat gue, sampe kayak org abis keramas.

Sambil coba cari tau soal bingput dengan googling, nanya ke temen yg bidan, baca2in pengalaman ibu2 lain di instagram, dan hal pertama yg harus gue lakuin kalau mau Ziad nyusu langsung lagi adalah harus buang jauh2 yg namanya dot (walaupun ga semudah itu ya).
Akhirnya gue beli botol yg ujungnya sendok, dengan sabar gue coba minumin walaupun banyak yg tumpah2 dan pada akhirnya porsi minum nya jd berkurang. Disini gue galau bgt, tiap diminumin pake sendok dia pasti cepet bosen dan itu tadi..banyak yg tumpaah (sedih).

Dicoba pake pipet pun malah disembur2. Galau lagi deh, akhirnya mau ngga mau pakai dot dulu sambil mikir cara lain dan biar minum asi nya tetep banyak.
Setelah itu gue coba beli nipple shield (yg ternyata it doesn't work at all).
Terus gue juga beli botol dot lain yg katanya bisa membantu bayi yg bingput krn desainnya yg mirip puting ibu (katanya), tapi faktanya menurut gue ngga ada dot yg mirip dgn puting, lah wong puting setiap ibu aja pasti beda2 bahkan puting kanan dan kiri aja pasti beda. Eh tapi.. yg ini lumayan membantu sih. Oiya, merknya Avent ya. (Bukan promosi)

Gue sempet tanya juga ke dsa (dr spesialis anak), intinya dia bilang buang jauh2 dotnya dan coba disusuin ketika bayi lagi haus2nya. Coba dipraktekin dan belum berhasil juga.
Kalau dicoba pas lagi haus2nya Ziad malah nangis kejer krna ga dpt susu walaupun abis itu dia capek, nyerah dan malah tidur dengan sendirinya. Untungnya dia bukan anak yg rewel. Tapi aah.. malah nggak tega liatnya.
Akhirnya berujung pada dot lagi dot lagi.

Tapi gue nggak mau nyerah gitu aja, gue tetep usaha terus (walaupun kadang capek juga krn harus pompa tiap 2-4jam sekali, cuci2 + sterilisasi botol dan alat pompa (ini PR bgt sih) ditambah drama tiap mau kenalin puting lg) Huftt.. luar biasa rasanya. Mungkin yg nggak ngerasain bisa bilang "Ah gitu doang.. gak usah lebay dll dll." Tapi coba deh rasain dan pahami bahwa drama setiap ibu (apalagi new moms) itu beda2. Jiah, jadi curhat.

Suatu ketika gue bertekad untuk bener2 ngga kasih dot lagi krn gue ngga mau Ziad keterusan ngedot dan malah jadi bener2 lupa sama puting. Dari pagi gue kasih asip pake botol yg ujungnya sendok. Gue coba tutup mata untuk asip2 yg tumpah itu dan berpikir "Yaudah gpp yg penting ada yg masuk juga".

Daan.. gue kaget bgt pas siang harinya gue pegang badannya kok agak anget. Gue langsung mikir kalau dia kurang asi krn minumnya banyak yg tumpah2an tadi. Yaudah akhirnya dengan sangat terpaksa gue kasih asip pake dot lagi. Yg penting dia ngga dehidrasi dulu deh.
Setelah kejadian itu, gw langsung mikir untuk ke konselor laktasi buat minta bantuan sama ahlinya. Dapet rekomendasi dari temen untuk ke rs uin. Udah cek jadwal dan akhirnya mutusin buat ketemu konselor pas weekend (hari sabtu) biar ada yg nemenin).

Waktu itu gue telpon rs uin hari rabu dan pas besokannya (hari kamis), nyokap gue dateng ke rumah buat nengokin cucu nya. Doi udah tau soal Ziad yg lg bingput. Ngobrol2 dan dikasih wejangan2 soal menyusui dan.. (you know what?) Alhamdulillah pas sore nya tiba2 Ziad udah mau nyusu dari PD lagi, ya walaupun belum se-lancar biasanya.

Mungkinkah ini yg dinamakan the power of "nasihat orang tua" atau Ziad mau ketemu mbah nya dulu. Entahlah..  mungkin krn gue juga udah struggling 2 minggu lebih. Tapi yg jelas gue seneng dan bersyukur bgt waktu itu.

Dari cerita ini mudah2an bisa bermanfaat buat calon ibu lainnya supaya jgn sampai bayi nya mengalami yg namanya bingput ya.

Walaupun sebenernya ngga ada yg salah dengan kasih sufor (susu formula), tapi klo gue tetep berusaha untuk kasih ASI sebisa mungkin krn saat ini msh jadi "stay at home mom". Hehe
Tipsnya:
1. Jangan kasih dot ke bayi lebih dari seminggu tanpa diselingi dbf (direct breastfeeding)
2. Kalau mau kasih asip sebisa mungkin pilih alat yg ramah puting spt cup feeder, pipet, sendok dsb
3. Atau kalaupun terpaksa harus pakai dot, cari dot yg mirip puting
Well, walaupun ngga semua bayi akan bingput setelah menyusu pakai dot, tapi lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamu Bingung Mau Posting Apa?

Aku bingung :| Di artikel kali ini, suryosama.blogspot.com  ingin membahas tentang bingung yang tetiba muncul pas mau bikin postingan. Penasaran? Ok, langsung aja kalo gitu mah. Ada kalanya ketika seorang blogger menjumpai rasa bingung yang teramat bingung ketika dihadapkan dengan situasi yang dilematis.. Ngeblog. Iya, sebuah kata yang sederhana tetapi mempunyai beragam situasi yang kompleks. (asikasik... bahasa gue yekan..).  Ada yang mati-matian mikirin cara supaya dapet ide buat bikin postingan terbaru di blognya. Ya.. nggak mati-matian juga sih.. biasa aja gitu. Ada yang bengong depan layar monitor tanpa mikirin apa-apa buat bahan postingan. Iya.. cuman bengong doang. Entah masa depannya dimana itu orang yang suka bengong nggak jelas kek gitu. Makanya, kalo bengong itu yang jelas-jelas aja. Bengongin layar monitor misalnya. Ada yang blogwalking, twitteran, atau nonton yang enggak-enggak dulu. Niatnya sih biar dapet bahan postingan.. etapi malah kelupaan buat posti

Bring Me The Horizon

Bring Me The Horizon (old formation) Bring Me The Horizon adalah sebuah band deathcore, asal Sheffield, Yorkshire.UK. Band ini dibentuk pada tahun 2004. mereka terinspirasi dari film yang bertemakan bajak laut, yaitu pada kata-kata Jack Sparrow : "Now Bring Me That Horizone" , yang kemudian kata "That" diganti dengan "The" , akhirnya resmi menjadi "Bring Me The Horizon" . Album mereka yang bertitle “Count your blessing” yang kalo nggak salah dirilisnya pada tahun 2006, rupanya cukup sukses dan berhasil mengambil hati para pecinta musik metal/ deathcore..soalnya band ini memliki penggemar yang luar biasa seperti avenged sevenfold, As I Lay Dying, dan banyak band metalcore/ deathcore lainnya yang udah pada terkenal.

Resep Tumis Tahu Kuning dan Buncis

tumis tahu dan buncis Bahan-bahan: 5 bh tahu kuning 10 bh buncis 5 bh cabai keriting 5 bh bawang merah 3 bh bawang putih 2cm lengkuas 1 lembar daun salam Terasi secukupnya Garam, penyedap rasa Gula merah Kecap manis Minyak goreng Air secukupnya Cara membuat: Potong dadu tahu kuning, kemudian goreng dan sisihkan Cuci bersih buncis, kemudian potong sesuai selera  Iris tipis cabai, bawang merah dan bawang putih Tumis bumbu yang sudah diiris  Jika bumbu sudah agak matang, tambahkan terasi, gula merah, lengkuas (boleh diiris/digeprek), daun salam dan tumis lagi sampai harum Tambahkan air, kemudian masak buncis hingga setengah matang  Masukkan tahu yang sudah digoreng Beri garam, penyedap rasa dan kecap secukupnya. Cicipi rasanya dan siap untuk disajikan!